Bismillah, segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam. Semoga shalawat dan salam tetap sampai kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasalallam juga keluarganya, para sahabatnya dan semua orang yang mengikuti beliau hingga akhir zaman.

Seorang penuntut ilmu bahkan ulama sangat perlu untuk menjaga adab-adab ilmu. karena adab dan akhlak bisa sangat menentukan keberkahan ilmu yang dia miliki. Karena tidak sedikit orang yang masuk neraka justru karena ilmu yang tidak dibarengi dengan akhlak yang mulia.

Diantara adab-adab penuntut ilmu dan ulama adalah adab kepada dirinya sendiri. Penulis; Imam Ibul Jama’ah rahimahullah membawakan dua belas adab kepada diri sendiri. Dan yang pertama adalah terus menerus menghadirkan perasaan diawasi oleh Allah dalam keadaan sendiri maupun dalam keramaian. Dan terus menjaga rasa takut kepada Allah dalam segala pergerakan maupun diam; ucapan dan perbuatan. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda,

«أَنْ تَخْشَى اللهَ ‌كَأَنَّكَ ‌تَرَاهُ، فَإِنَّكَ إِنْ لَا تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ»

“Kamu merasa takut Kepada Allah seakan-akan kamu melihat-Nya. Jika perasaan itu belum bisa dihadirkan, maka sesungguhnya Allah Maha Melhatmu.” (HR. Muslim : 10).

Dan Allah berfirman,

فَلَا تَخۡشَوُاْ ٱلنَّاسَ وَٱخۡشَوۡنِ وَلَا تَشۡتَرُواْ بِـَٔايَٰتِي ثَمَنٗا قَلِيلٗاۚ 

“Maka janganlah kalian takut kepada manusia! Tapi takutlah kepada-Ku! Dan janganlah kalian jual ayat-ayatku dengan harga  yang murah!” (QS. Al-Maidah : 44)

Allah berfirman,

إِنَّمَا ‌يَخۡشَى ٱللَّهَ مِنۡ عِبَادِهِ ٱلۡعُلَمَٰٓؤُاْۗ 

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah dari hamba-hambanya hanyalah orang-orang yang memiliki ilmu.” (QS. Fathir : 28)

Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu berkata, “Ilmu adalah rasa takut kepda Allah”. Maksudnya : Ilmu yang bermanfaat adalah yang membuahkan rasa takut kepada Allah.

Juga menjaga amanah terhadap ilmu yang Allah titipkan kepadanya. Allah berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَخُونُواْ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ وَتَخُونُوٓاْ أَمَٰنَٰتِكُمۡ وَأَنتُمۡ تَعۡلَمُونَ 

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan rasul; juga mengkhianati amanah-amanah kalian, sedangkan kalian mengetahui!” (QS. Al-Anfal : 27)

Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Ilmu yang berguna bukanlah yang sekedar dihafal, tapi yang diamalkan.”

Semoga kita bisa mengamalkan ilmu dan Allah menjadikan ilmu kita bermanfaat yang dapat mengantarkan kita kepada surga dan menjauhkan kita dari neraka.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Semoga shalawat dan salam terus sampai kepada Nabi Muhammad. Dan akhir dari dakwah kami, segala pujian hanya milik Allah Tuhan semesta alam.

Bogor, 17 Syawwal 1442 H / 29 Mei 2021 H

Fathan Jihadul Islam bin Amin Widjaya, S.H

Sumber : Syarh Tadzkiratus Saami’ Wal Mutakallim li Syaikh Al-Ushoimy